Back To Top

Cara Download Prefill Dapodik 2014

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS
Aplikasi dapodik 2013 sudah diluncurkan 1 Oktober 2013 lalu, ada beberapa hal yang harus disiapkan oleh operator sekolah. Salah satunya adalah Data Prefill Dapodik 2014. Mungkin sebagian rekan operator Sekolah masih bingung apa itu prefill dapodikdas 2014.

Pada Applikasi Dapodik 2012 dulu kita mengenal File DB (database) (Backup Local Dapodik) Nah yang bingung sebenarnya Prefill Dapodik = DB/Backup Local yang isinya sama-sama "OTAK/DATA dalam Dapodik yang sudah pernah kita entry".



Kesimpulannya Prefill_Dapodik adalah Data hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah per tanggal 1 Juli 2013, kemudian data tersebut akan dipaket ulang sehingga ketika login di aplikasi yang baru sekolah hanya tinggal mengentri data siswa baru, pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi di aplikasi dapodik versi 13.01. / 2013
Prefill dapodik ini tentu saja berdasarkan data yang terakhir kita upload ke server dapodik.
Samakah antara back up lokal dengan yang akan didownload dari Web dapodik? Pada dasarnya isinya sama, namun ekstensi / formatnya berbeda. Untuk yang terbaru/hasil download (ekstension .prf) sedangkan back up lokal berekstensi .pre Jadi yang back up lokal tidak bisa digunakan untuk aplikasi dapodik 2013 ini. 

Fungsi prefill dapodik 2014

dengan mekanisme prefill baru, maka data isian tahun ajaran 2013/2014 akan menjadi data awal di aplikasi versi 3.00 (tahun ajaran 2014/2015) Dari penjelasan di atas saya kira sudah jelas, prefill dapodik ini bermanfaat untuk memudahkan operator agar tidak kerepotan lagi menginput data Sekolah, guru/PTK, dan siswa. Jadi kalau kita masukkan data prefill pada saat proses instalasi, maka secara otomatis data sudah ada, yang perlu kita tambahkan adalah data siswa baru. dan beberapa tambahan data lainnya.

Sebelum Anda mendownload prefill kita harus melakukan generate prefill terlebih dahulu. buka cara generate prefill dapodik

Cara download Prefill Dapodik
Sebelum mendownload prefill dapodik pastikan operator sudah memiliki Kode Registrasi dari Dinas kabupaten Kota.
Masuk ke  http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill

kode registrasi dapodik

Kemudian masukkan KOREG  > Klik Download, Tunggu,

Akan muncul tampilan seperti di bawah: Lihat Tulisan disini klik link nya maka prefill akan terdownload, simpan di komputer.


Oke selesai.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,



5 komentar

ma kasih infonya sangat membantu... tapi saat ini kami belum mendaptkan kode registrasi sekolah.....

bagaimana cara mendapat KOREGnya sendiri, sedangkan Dinas bilangnya blm dpt koreg dr pusat.terimkasih

seperti komen di atas... saya juga tidak bisa memasukan kode reg....
kode tidak ditemukan, padahal koreg sama seperti yang lalu.... apakah ini bugs nya...... tolong solusinya??????

Aduuuhhh capek login kenapaya sa"at login diserang dengan beribu Ma'af terus dan tdk ditemukan ! mohon solusinya Pak !

Blog Archive