Back To Top

Cara Instal Aplikasi BSD.exe

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS
Kabar gembira buat teman operator, di tengah sulitnya sinkronisasi akhirnya ada jalan keluar terbaru yakni Aplikasi BSD utk versi dapodikdas 2.07. Link unduh Aplikasi BSD bisa dibuka di link di bawah ini.

untuk cara instal, penggunaan BSD 2.07 akan saya publikasi di artikel terbaru. Maaf belum sempat untuk saat ini. Tapi jika anda mau coba-coba sendiri dipersilakan, pastikan aplikasi dapodik adalah versi 2.07c.
https://www.dropbox.com/s/ij7le4nzrwg081h/AplikasiBSD207.exe

Pada post terdahulu di artikel ini sudah dijelaskan sedikit tentang aplikasi BSD yaitu aplikasi back up untuk dapodik yang terbaru. Namun perlu diketahui, back up di sini yang dimaksudkan adalah hanya terkait data khusus untuk mengakomodir tunjangan profesi, fungsional dan daerah khusus. Dimana hasil back up tersebut kita serahkan ke operator tunjangan kab/kota. Nah bagi operator yang ingin tahu cara instal aplikasi BSD 2.07 tersebut bisa mengikuti tutorialnya di bawah ini. Pastikan dulu aplikasi yang didapat adalah aplikasi yang tidak kadaluarsa karena beredar kabar bahwa ada aplikasi BSD yang hasil back upnya tidak bisa digunakan untuk ini. Hubungi KKdatadik operator kabupaten.

Jika yang anda dapatkan berformat .rar (biasanya dapat dari OP KKdatadik Kab) ekstrak dulu dgn klik kanan pilih exstrak here, lalu cari folder dgn nama yang sama seperti format rar nya.cari file bernama AplikasiBSD

Jika Anda sudah mendonload atau aplikasinya silakan klik kanan pada file BSD tersebut, format aplikasinya adalah BSD.exe. kemudian pilih run as administrator


download dan cara instal aplikasi BSD 2.07


Pilih next > I accept the agreement > Next >


download aplikasi bsd dapodikdas
Instal BSD
Muncul pilihan seperti gbr di atas. Jangan diubah folder tempat instalasi. teruskan Klik next > Next



Centang create desktop icon, agar muncul ikon short cut di desktop komputer/laptop. Klik Next > Klik Install. Tunggu sebentar.

Klik Finish untuk menyelesaikan proses instalasi aplikasi BSD.exe


bsd versi 2.07


Cara penggunaan Aplikasi BSD



Proses instal selesai, jika Anda klik Finish dgn mencentang Launch back up sinkron dapodik akan langsung muncul permintaan back up atau aplikasi langsung berjalan seperti gambar di bawah ini.

Silakan pilih tempat untuk menyimpan file hasil back up, sebaiknya di drive D, lihat gbr
KLik dahulu cari,  pilih D; Folder tata usaha (contoh saja) lalu klik select.


gambar 2



Setelah itu klik Back Up.

aplikasi BSD versi 2.07 dan cara menggunakannya
Gambar 3


akan muncul tulisan back Up telah berhasil dilakukan, silakan buka folder tempat kita menyimpan data back up tadi  di dalam folder D. periksa format akhirnya bertuliskan .std. Untuk ukuran bervariasi tergantung banyaknya data dalam aplikasi kita. File inilah yang harus dikirim/diserahkan ke OP tunjangan kab/kota anda.



Untuk saat ini itu dulu, jika ada update data terbaru akan saya share lagi.

hasil back up 1 kb ulangi lagi proses back up bsd
Gambar 4
Tambahan :

Pastikan Hasil back up berukuran harus lebih dari 1 kb, jika cuma 1 kb ulangi proses back up dgn cara klik Start, arahkan kursor mouse ke aplikasi BSD, klik kanan, pilih run as administrator, lakukan seperti gambar 2 dan 3 di atas. lihat gbr 4.


Info baru:
Pada tanggal  Maret 2014, seluruh OP tunjangan kabupaten akan berangkat ke Jakarta. dalam rangka Rakor Percepatan pembayaran Tunjangan Sertifikasi Guru 2014. Jadi masih ada waktu bagi operator sekolah untuk mengirimkan back up BSD aplikasi dapodik ke OP tunjangan kabupaten selambat-lambatnya tanggal 2 atau 3 Maret 2014.

Back up dapodik BSD bisa dikirim langsung ke admin pusat lewat email email bsdapodik@ymail.com
bsdhelper@ymail.com
bsddapodik@yahoo.com
bsdhelper@yahoo.com


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,



3 komentar

MAKASIH YA SAYA DAH BERHASIL DENGAN KAPASITAS 73 kb

mantap mas, makasih tutorial cara instal aplikasi bsd nya, udahsy kirim ke dinas via email. trims infonya

supaya menjadi STD di apakan ya? makasih

Blog Archive