Back To Top

Info Terbaru Sergur 2015; Update Status Verifikasi A1

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS
Setelah rekan-rekan guru mengecek status verifikasi calon kepesertaan sergur 2015 (PLPG atau PPGJ) maka ada tahapan berikutnya yang kiranya wajib diketahui guru calon peserta sergur 2015.

Berdasarkan info dari situs sergur kemdikbud didapatkan info sebagai berikut

Calon peserta yang sudah verifikasi dikelompokkan sesuai TMT pendidik sbb :
  1. Mengikuti PLPG jika TMT Pendidik sebelum tahun 2006
  2. Mengikuti PPGJ jika TMT Pendidik sesudah tahun 2005
Pelaksanaan PLPG 2015 akan diselenggarakan lebih dahulu sebelum pelaksanaan PPGJ. Calon peserta PLPG 2015 adalah kelompok PLPG dan status verifikasi A1 Sudah Disetujui. Tahap persetujuan A1 bagi kelompok PLPG sudah berakhir dan saat ini dalam tahap penentuan LPTK penyelenggara PLPG


Info Terbaru Sergur 2015; Update Status Verifikasi A1, hal yang dilakukan guru calon peserta sergur 2015 yangsudah menerima cetak A1

Sebegaimana yang dijelaskan pada post sebelumnya, setelah kita cek akan muncul status verifikasi A1 dan yang belum A1,  mengapa demikian?

Hal ini disebabkan karena pembagian pola sertifikasi. Guru dengan TMT sebelum undang-undang guru dan dosen diterbitkan tanggal 30 Desember 2005 akan disertifikasi dengan pola PLPG. Jumlah guru pada kelompok ini lebih sedikit dibanding guru yang diangkat pasca 1 Januari 2016. Adapun guru dengan TMT setelahnya akan disertifikasi dengan pola PPGJ.

Langkah selanjutnya jika sudah cetak A1/ sudah disetujui

Guru yang status verifikasinya sudah disetujui cetak A1 selanjutnya harus menunggu distribusi A1 yang telah ditanda tangani oleh kepala dinas pendidikan setempat. A1 ini sangat penting karena menjadi bukti sebagai peserta PLPG 2015. Sehingga A1 ini tidak boleh hilang. Sebaiknya A1 difoto copy dan rangkapnya disimpan dirumah, untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu A1 ini hilang.
Biasanya dinas pendidikan akan melakukan sosialisasi pelaksanaan PLPG bagi guru yang akan mengikuti PLPG sambil membagikan form A1 beserta Buku1, Buku 2, Buku 3 dan Buku 4 sertifikasi guru 2015. Pelajari dengan seksama khususnya Buku 4 RAMBU-RAMBU PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (PLPG). Sampai saat ini Buku 4 tersebut belum terbit, namun tidak ada salahnya untuk melihat Buku 4 tahun 2014 lalu, karena kemungkinan tidak banyak perubahan signifikan terhadap pelaksanaan PLPG 2015 ini jika dibandingkan dengan pelaksanaan PLPG 2014.

Selanjutnya, guru akan menunggu penentuan lokasi/Rayon LPTK yang akan melaksanakan PLPG sesuai dengan bidang studi sertifikasi yang diambil. Guru akan mengikuti PLPG pada tempat-tempat yang ditentukan oleh LPTK. Bagi guru yang akan disertifikasi pada bidang studi yang prodinya tidak ada pada LPTK dipropinsi dimana guru tersebut berdomisili, maka kemungkinan guru tersebut akan mengikuti PLPG di LPTK propinsi terdekat. Pengumuman lokasi PLPG ini sekaligus mencantumkan jadwal pelaksanaan PLPG. Ada baiknya guru senantiasa memantau pengumuman pada website LPTK tiap-tiap rayon atau memantau pengumuman dari dinas pendidikan setempat.

Jika telah mengetahui lokasi PLPG beserta jadwalnya, dan jika ternyata guru tersebut berhalangan pada jadwal tersebut karena alasan tertentu, misalnya diperkirakan pada saat tersebut akan melaksanakan umrah, haji, melahirkan, check kesehatan yang sudah terjadwal sebelumnya atau alasan lainnya, maka guru dapat meminta jadwal baru  jauh-jauh hari ke pusat sertifikasi guru (PSG) LPTK dimana guru tersebut akan mengikuti PLPG. Pemberitahuan perubahan jadwal ini sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari agar dapat diakomodir oleh PSG LPTK setempat, karena hal ini terkait dengan akomodasi, pembagian kuota peserta perkelas dsb. Demikian, info terbaru sergur 2015 semoga bermanfaat. sumber infogtk.blogspot.com


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,