Back To Top

Untuk Apa Dilaksanakan Pretest 2018?

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS
Akhir tahun lalu pernah dilaksanakan pretest salah satu tujuannya adalah untuk menjaring calon peserta sertifikasi guru pola PPG dalam Jabatan tahun 2018. Hasil seleksi telah diumumkan dan menunggu kapan pelaksanaan PPGJ tersebut. Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ditjen GTK kembali akan mengadakan pretest 2018, dimana peserta disuruh mendaftar lewat akun SIM PKB masing-masing. Pendaftaran peserta tersebut akan ditutup awal bulan Maret 2108 ini.


pretes 2018

Nah bagi rekan guru yang barangkali bertanya-tanya untuk apa dilaksanakan kembali pretes, silakan disimak paparan berikut ini:

Pendaftaran awal PPGJ di SIM PKB sebagaimana yang sudah dibagikan pada artikel sebelumnya, dimaksudkan sebagai dasar penetapan calon peserta pretes. Sebelum PPGJ maka akan dilaksanakan lebih dulu pretes. Setelah pretes barulah didapatkan calon peserta PPGJ. Pretes sendiri direncanakan akan dilakukan pada 2 mei 2018 secara serentak seluruh Indonesia.

Dari 20.000 Kuota peserta PPGJ dari pusat untuk tahun 2018, yang diambil dari hasil pretes 2017 lalu masih kurang, sehingga perlu diseleksi kembali calon peserta PPGJ tersebut.

Pretes 2018 ini tidak hanya dimaksudkan untuk menjaring capes PPGJ untuk tahun 2018 yang kurang tadi, namun juga dalam rangka penjaringan calon peserta tahun 2019 hingga tahun 2022. Jadi ada kemungkinan pretes 2018 ini yang terakhir.

Sebagaimana diketahui, PPG dalam jabatan dilaksanakan untuk guru yang diangkat hingga akhir tahun 2015. Bagi guru yang diangkat terhitung 1 Januari 2016, untuk sergur TIDAK lagi memakai pola PPGJ namun memakai PPG reguler/pola PPG yang lain, atau bisa juga secara mandiri.

Demikianlah beberapa alasan yang wajib diketahui oleh rekan-rekan guru yang akan ikut pretes. Semakin bagus hasil/nilai pretes, maka semakin besar kemungkinan bapak Ibu untuk ikut PPGJ lebih dulu.
Untuk ikut pretes, ada baiknya bapak ibu mempelajari contoh-contoh soal pretes, atau UKG. Silakan dibuka di kumpulan contoh soal pretes/UKG.




Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,