Back To Top

9 Macam Kecerdasan Anak, Orangtua Wajib Tahu

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS

Kecerdasan dan karakter adalah hal unik yang ada di dalam diri anak. Hal inilah yang harus menjadi perhatian orangtua. Ihwal kecerdasan anak yang menurut pakar pendidikan dan psikologi Howard Gardner disebut sebagai kecerdasan majemuk atau multiple intelligences. Pemilik nama komplet Howard Earl Gardner itu lahir pada 11 Juli 1943 di Scranton, Pennsilvania, Amerika Serikat. Menurut laman kesah.com, ada sembilan kecerdasan majemuk.

9 jenis kecerdasan anak yang wajib diketahui orangtua

Pertama, kecerdasan linguistik yakni kecerdasan menggunakan dan mengolah kata – kata secara efektif baik secara oral maupun secara tertulis.
Kedua, kecerdasan  matematis-logis yaitu kecerdasan berkaitan dengan penggunaan bilangan dan logika.
Ketiga, kecerdasan ruang yaitu kemampuan menangkap dunia ruang visual secara tepat dan kemampuan untuk mengenal bentuk dan benda secara tepat serta mempunyai daya imaginasi secara tepat.
Keempat, kecerdasan kinestetik badan yakni kemampuan menggunakan tubuh atau gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan.
Kelima, kecerdasan musikal yaitu kemampuan mengembangkan , mengekspresikan dan menikmati bentuk – bentuk musik dan suara, peka terhadap ritme, melodi, dan intonasi serta kemampuan memainkan alat musik.
Keenam, kecerdasan interpersonal yaitu kemampuan  mengerti dan menjadi peka terhadap perasaan , intensi, motivasi, watak, temperamen orang lain.

Ketujuh, kecerdasan intrapersonal atau kemampuan  berkaitan dengan pengetahuan akan diri sendiri dan kemampuan untuk bertindak secara adaptif berdasar pengalaman diri serta mampu berefleksi dan keseimbangan diri, kesadaran tinggi akan gagasan – gagasan.
Kedelapan, kecerdasan lingkungan yaitu kemampuan mengerti flora dan fauna dengan baik, menikmati alam, mengenal tanaman dan binatang dengan baik.

Kesembilan kecerdasan eksistensial yaitu kemampuan menyangkut kepekaan dan kemampuan seseorang untuk menjawab persoalan – persoalan terdalam keberadaan atau eksistensi manusia. "Kecerdasan bukan suatu ciri tunggal yang dapat diukur dan diberi angka," demikian pesan Gardner. 

Kami mendorong orangrua menemukan, mengenali, dan mengasah potensi dan bakat anak yang ada diimbangi pembentukan karakter yang kuat," kata Narto Sunarno, Marketing Manager Garuda Food dalam kesempatan kunjungan itu. "Seluruh proses yang mereka jalani dalam kegiatan ini merupakan pembelajaran hidup dan akan menjadi pengalaman mereka yang paling berharga," pungkas Narto Sunarno. kompas.com



Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,