Back To Top

Program Multi Subject Teaching-Guru Lintas Bidang Kemdikbud Tahun 2018

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS
Seperti yang sudah pernah disampaikan pada artikel  sebelumnya tentang program-program kerja Ditjen  GTK Kemdikbud tahun 2018 bahwa akan dilaksanakan beberapa program satu diantaranya adalah Program Keahlian Guru Lintas Bidang.

Apa itu Multi Subject Teaching atau Program Keahlian Guru Lintas Bidang? 

Kalau rekan guru pernah ingat tahun 2017 lalu Kemdikbud pernah menyelenggarakan program Guru Keahlian Ganda khusus bagi guru SMK. Nah kalau program di tahun 2018 ini program keahlian ganda ditujukan  untuk tingkatan SD, SMP dan SMA. Program Multi Subject Teaching merupakan Program Penambahan Kewenangan Mengajar bagi Guru Mapel bagi guru tingkatan SD, SMP maupun SMA.

Bagaimana Program Keahlian Guru Lintas Bidang berjalan?

Singkatnya adalah guru misalnya guru IPA di SMP dengan sertifikat pendidik pendidikan Fisika maka boleh mengajar Matematika dan TIK di SMP. Atau Guru Bahasa Indonesia, Kimia, PJOK di SMA bisa mengajar BK.Namun tidak serta merta bisa mengajar langsung, melainkan harus memenuhi kriteria, persyaratan, usulan kebutuhan guru oleh Dinas Pendidikan dan tahapan seleksi, diklat dan lainnya.

Program Multi Subject Teaching/Guru Lintas Bidang Kemdikbud Tahun 2018
Program Multi Subject Teaching/Guru Lintas Bidang Kemdikbud Tahun 2018

Mengapa diadakan program Multi Subject Teaching?

Program Keahlian Guru Lintas Bidang ini diadakan dalam rangka memenuhi kebutuhan guru mata pelajaran PNS yang kurang. Kekurangan tersebut terjadi karena pemerataan guru yang tidak maksimal di daerah.



Tabel jumlah kekurangan guru PNS SMA berdasar dari data dapodik bisa dilihat pada gambar berikut ini.
Program Multi Subject Teaching/Guru Lintas Bidang Kemdikbud Tahun 2018
Tabel jumlah kekurangan guru PNS SMA


Apa manfaat Program Keahlian Guru Lintas Bidang ini?

Di beberapa daerah guru yang sudah sertifikasi kesulitan untuk memenuhi jumlah jam mengajar minimal yakni 24 jam, yang akibatnya tunjangan profesi pendidik tidak cair. Jika guru tersebut sudah mengikuti program Multi Subject Teaching ini, maka pemenuhan jam mengajar minimal bisa terpenuhi dengan mengajar mata pelajaran lain. Selain itu manfaat lain tentunya agar tidak ada kekosongan jam di kelas, karena tidak ada guru bidang studi yang tepat. Guru dimungkinkan memiliki penguasaan pada mata pelajaran lain diluar mata pelajaran utama yang menjadi latar pendidikan formal guru yang bersangkutan.

Nah demikian sekilas pendahuluan mengenai program  Keahlian Guru Lintas Bidang,. Hal terkait Desain Penyelenggaraan , Jadwal Rekrutmen/pendaftaran Peserta , Penerapan Keahlian Guru Lintas Bidang akan dibahas pada artikel berikutnya.




Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,