Back To Top

Cara Mencetak/Membuat Kartu NUPTK Guru

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS
Mencetak NUPTK atau kartu NUPTK bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya lewat aplikasi cetak kartu NUPTK. Aplikasi cetak kartu NUPTK format excel maupun format lainnya biasanya dibuat oleh para blogger atau mereka yang biasa mengembangkan aplikasi-aplikasi pendidikan. Kemdikbud selama ini tidak ada mempublikasikan aplikasi resmi cetak kartu NUPTK, jadi yang beredar di blog-blog merupakan aplikasi yang dibuat atas inisiatif orang pribadi.

kartu NUPTK 2019 2018

Untuk apa kartu NUPTK? Sebenarnya untuk guru Kemdikbud sih kartu NUPTK tidak diperlukan amat. Namun terkadang ada saja Dinas pendidikan yang meminta kepada guru kartu NUPTK dalam proses-proses pemberkasan. Sedangkan Bagi guru madrasah dan guru Pendidikan agama memang dibutuhkan dan biasanya untuk proses pemberkasan pencairan tunjangan guru.

Nah untuk itulah dalam kesempatan kali ini admin bagiguru.com akan berbagi cara mencetak kartu NUPTK secara online. Ada 2 cara yang pertama lewat situs Kemdikbud dan yang kedua lewat situs Padamu Negeri/Simpatika. Loh kok lewat padamu Negeri, padamu negeri kan sudah ditutup alias tidak dipakai lagi oleh Kemdikbud? Benar Kemdikbud tidak lagi menggunakan aplikasi Padamu negeri, namun kita masih bisa login dan melihat data kita di situs tersebut dan kita masih bisa menggunakannya untuk keperluan cetak kartu NUPTK.

A. Cetak Kartu NUPTK lewat situs Kemdikbud

Sesuai yang dijelaskan di atas tentang manfaat atau fungsi kartu NUPTK, jadi kita menggunakan cara ini sebagai bukti bahwa NUPTK kita valid dan masih aktif di Kemdikbud.

Silakan masuk ke alamat website http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status

cara mendapatkan kartu nuptk aplikasi kartu nuptk excel


Masukkan NUPTK Bapak Ibu Pada form yang tersedia kemudian Klik ikon search berwarna merah

Maka akan muncul status keaktifan NUPTK
Klik Kanan pada halaman tersebut, Pilih/Klik Print... atau Cetak
cara print cetak kartu nuptk
cetak kartu NUPTK
Setelah itu kita simpan sebagai file Pdf.
Caranya Klik Ubah cari dan Klik Save as Pdf atau Simpan Sebagai PDf, kemudian klik Simpan. Maka otomatis tersimpan sebagai file format Pdf, Dan sewaktu waktu bisa kita cetak ulang jika dibutuhkan. Akan muncul jendela pemberitahuan untuk menyimpan di folder mana dan memberi nama file

cek validitas NUPTK guru
cetak kartu NUPTK
kartu  NUPTK guru  aplikasi excel 2018 2019 2020


Selesai sudah cetak "kartu" NUPTK lewat situs kemdikbud.

B. Cetak kartu NUPTK lewat Padamu Negeri/Simpatika.

Seperti disebutkan di atas kita masih bisa login di situs padamu negeri atau siap online. Asal masih ingat usernya. Untuk login di padamu negeri yang dibutuhkan adalah NUPTK dan password yang terdiri dari paduan huruf besar dan angka. Jika bapak ibu lupa mungkin bisa ditanyakan kepada operator sekolah yang pernah menangani padamu negeri.

Silakan menuju halaman http://padamu.siap.web.id/login nanti akan muncul tampilan berikut ini

cara cetak kartu identitas PTK NUPTK simpatika kemenag
login padamu negeri cetak kartu nuptk
Loh kok Simpatika, bukan padamu negeri. Intinya sama saja baik untuk guru PAI, madrasah maupun guru Kemdikbud tampilannya akan seperti itu. Tujuan kita kan cetak kartu NUPTK. Setelah muncul tampilan seperti di atas, masukkan NUPTK pada form email dan password pada kata Sandi, klik Login Masuk. Jika muncul tulisan Mohon maaf. Terjadi kegagalan proses Autentikasi, Klik Muat Ulang aplikasi.

cara membuat dan mencetak kartu NUPTK Guru 2018 2019

Setelah masuk akan muncul menu keaktifan PTK ada 2 pilihan, klik saja Aktifkan. Kemudian akan muncul opsi Cetak Kartu. Akan terbuka di jendela baru. Bisa didownload file pdfnya atau dicetak langsung dengan klik kanan. Untuk mendownloadnya silakan klik tombol tanda panah ke bawah di sudut kanan atas.

Demikian tadi cara membuat kartu NUPTK guru. Dari keduanya mana yang terbaik dan valid? Ya tergantung kebutuhan, kalau untuk koleksi penghias sekaligus penebal dompet bagus yang dari padamu negeri/simpatika. Namun kalau untuk pemberkasan, buat aja kedua versinya. Kalau mau model yang lain silakan download dan bikin sendiri aplikasi hehehe.


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,