Back To Top

Cara Konfirmasi Kesediaan Mengikuti PPGJ 2018

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS
Kemdikbud secara resmi telah menetapkan peserta PPGJ untuk tahun 2018. Hal penting yang perlu diketahui oleh calon peserta bahwa calon peserta PPGJ tahun 2018 ini adalah bagi mereka yang dinyatakan lulus pretes pada tahun 2017 lalu. Bukan peserta pretes yang baru saja diadakan di bulan Mei ini. Jadi bapak ibu yang baru ikut pretes tidak perlu repot-repot untuk mencari informasi ini. Adapun hasil pretes bulan Mei 2018 kemungkinan akan diumumkan pada bulan Agustus 2018.

Ada beberapa hal penting yang wajib diketahui dan dilakukan calon peserta PPGJ tahun 2018. Silakan disimak dan dibaca dengan seksama.

Jumlah sasaran PPG Dalam Jabatan tahun 2018 sebagaimana telah dialokasikan dananya pada DIPA Direktorat Jenderal GTK adalah 20.000 orang. Disamping itu ada empat Pemerintah Daerah yang juga mengalokasikan anggaran biaya pendidikan PPG Dalam Jabatan dengan sasaran sejumlah 870 orang, sehingga jumlah total sasaran PPG Dalam Jabatan adalah 20.870 orang.

Peserta PPG Dalam Jabatan dengan biaya pendidikan dari Pemerintah Pusat ditetapkan
berdasarkan urutan prioritas sebagai berikut:
a. guru dengan usia diatas 50 tahun per tanggal 31 Desember 2017;
b. guru yang mengajar di daerah khusus atau daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T);
c. guru Pendidikan Luar Biasa (Kode 800);
d. guru produkif di SMK;
e. Guru lainnya berdasarkan ranking skor hasil seleksi akademik.

Guru yang telah dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta PPG Dalam Jabatan melalui seleksi akademik dan administrasi sebanyak 25.650 orang. Jumlah sasaran PPG Dalam Jabatan tahun 2018 sebanyak 20.000 orang, dengan prioritas yang ditetapkan berdasarkan kriteria sebagai berikut:

  • guru dengan usia diatas 50 tahun per tanggal 31 Desember 2017;
  • guru yang mengajar di daerah khusus atau daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T);
  • guru Pendidikan Luar Biasa (Kode 800);
  • guru produkif di SMK;
  • Guru lainnya berdasarkan ranking skor hasil seleksi akademik.
Dengan mempertimbangkan hal berikut:

  • Perguruan Tinggi dengan Program Studi PPG dan bidang studinya yang ditetapkan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi;
  • jumlah rombongan belajar per bidang studi pada perguruan tinggi penyelenggaran PPG Dalam Jabatan; dan
  • jumlah mahasiswa per rombongan belajar maksimal 30 orang;

Cara Konfirmasi Kesediaan / REGSITRASI Mengikuti PPGJ 2018

Diupayakan agar menggunakan laptop/komputer untuk konfirmasi hingga proses selesai agar tidak terhambat.

Langkah 1
Guru login di SIM PKB, atau https://daftar.sergur.id/ lihat LPTK PPGJ mana Bapak Ibu Di tempatkan, Jika belum ada maka Pengumuman penetapan peserta dilakukan dalam dua tahap, guru yang belum masuk kuota tahap satu agar menunggu pengumuman kuota tahap 2. Gambar di bawah contoh calon peserta yang masuk di tahap 1.



Peserta Cadangan
Dimaksud peserta cadangan ini mereka yang belum masuk di tahap 1, jadi jika ada peserta yang sudah ditetapkan ikut di tahap 1 namun tidak mengkonfirmasi kesediaan mengikuti PPGJ, maka peserta cadangan ini bisa ikut di tahap 1. Namun bila tidak ada kuota kosong (peserta tahap 1 tidak ada yang mengundurkan diri, maka ikut di tahap 2.) Tunggu hingga tanggal 23 Mei 2018 agar bisa konfirmasi dan mencetak dokumen A1 dan pakta Integritas. Gambar di bawah contoh peserta cadangan.





Peserta PPGJ yang masuk ke tahap 2
Peserta yang masuk ke tahap 2 di bagian akhir tertulias masih dalam proses penempatan


Langkah 2
Bagi guru capes PPGJ 2018 yang sudah ditentukan LPTKnya Kemudian melakukan konfirmasi kesediaan tahap 1 untuk mengikuti PPGJ 2018 di laman web AP4G di https://daftar.sergur.id/

Konfirmasi Kesedian Tahap 1
Konfirmasi kesediaan peserta berlaku untuk semua peserta yang lolos seleksi akademik dan administrasi. Sementara ini konfirmasi kesediaan hanya diperuntukan bagi calon yang sudah diumumkan penempatan LPTK penyelenggaranya (baik yang sudah ditetapkan dalam kuota maupun yang masih dalam antrian/cadangan).

Penempatan calon di LPTK yang masih dalam proses, hasilnya akan disampaikan pada pengumuman tahap 2

Proses konfirmasi kesediaan terdiri dari 3 tahap :

1. Login ke laman konfirmasi kesediaan

Login dengan mengisikan nomor peserta UKG dan password (kata sandi) sesuai kata sandi akun di simpkb. Alamatnya di https://daftar.sergur.id/

2. Konfirmasi kesediaan mengikuti PPG daljab 2018

Peserta wajib melakukan konfirmasi persetujuan untuk setiap poin pakta integritas. Format dokumen pakta integritas dapat dilihat di gambar di bawah. Jika tidak bersedia proses konfirmasi selesai. Bagi yang bersedia harap dipersiapakan ijasah/transkrip nilai untuk mengisi kolom nama perguruan tinggi dan NIM/NPM.



3. Konfirmasi Cetak Berkas

Cetak dokumen pakta integritas dan form A1 dapat dilakukan jika konfirmasi kesediaan mengikuti PPG daljab (nomor 2) sudah tuntas. Bagi calon yang belum masuk kuota cetak berkas dapat dilakukan jika sudah masuk kuota


Konfirmasi kesediaan peserta berlaku untuk semua peserta yang lolos seleksi akademik dan administrasi. Untuk yang berstatus cadangan baru dapat menjadi peserta (mahasiswa) PPG jika ada peserta PPG yang melakukan konfirmasi "tidak bersedia".

Guru yang pada saat melakukan konfirmasi menyatakan "tidak bersedia" akan diprioritaskan mengikuti PPGJ tahun 2019. Guru yang tidak melakukan konfirmasi sampai dengan waktu yang telah ditentukan berakhir maka kesempatan mengikuti PPG dalam jabatan diberikan tahun 2019 dan masuk dalam antrian calon peserta PPG bersama guru yang lolos seleksi akademik (pretes) yang dilaksanakan bulan Mei 2018.

Nah demikian tadi 2 langkah bagi guru yang siap dan bersedia mengikuti PPGJ tahun 2018. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan mengingat biaya PPGJ untuk transportasi dan penginapan ditanggung oleh peserta, kecuali bagi guru daerah khusus untuk 14 mata pelajaran dan guru yang mengikuti Program Keahlian Ganda akan mendapat bantuan biaya hidup dari Pemerintah Pusat.  sedangkan Kemdikbud hanya menjamin BIAYA  perkuliahan di LPTK sebesar 7,5 juta rupiah. informasi lengkap silakan buka laman http://ap2sg.sertifikasiguru.id/pub/index.php


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,