Back To Top

Tips Mengikuti Pretes agar Lulus Pretes PPGJ

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS
Mulai tahun 2018 untuk memperoleh sertifikat pendidik, jalurnya memakai pola Pendidikan Profesi Guru (PPG), baik prajabatan maupun dalam jabatan. Khusus PPG dalam Jabatan sebelum mengikutinya, diberikan pre test/seleksi dulu kepada kurang  ratusan ribu  ribu guru yang telah memenuhi syarat dan terundang oleh SIM PKB.  Untuk bisa lolos mengikuti PPGJ semakin berat. Karena kuota yang terbatas, nilai minimal hasil pretes, hasil ujian. Yang jelas, untuk pre test pertama pada bulan November 2017 lalu, hanya 13 % yang lolos. Atau sekitar 26 ribu guru, dan itupun belum tentu semua bisa ikut PPGJ, mengingat yang dijatah oleh pusat hanya 20ribu saja, sedangkan beberapa daerah hanya sedikit yang siap menggelontorkan dana. Pun untuk pretes 2018 ini merupakan seleksi untuk pelaksanaan PPGJ tahun 2018-2022. Jadi jika nilai Bapak Ibu tinggi kemungkinan akan lulus dan mengikuti pretes lebih dulu.


Berikut ini pengalaman rekan guru Ahya Alimuddin yang lulus saat mengikuti pretest tahun 2017 lalu yang dituangkannya dalam tulisan di pelangipagiku.wordpress.com. Silakan disimak

1. Baca, pahami  petakan kisi-kisi pre test PPGJ yang sudah ada. 
Kalau belum tau kisi-kisinya silakan dibuka di SIM PKB masing-masing.

2. Pahami jenis soal

Pre test PPG mempunyai 4 jenis soal. Menurut pengalaman saya, tes kemarin (pretes 2017berisi :

a. Tes potensi akademik – 25 menit – 40 soal
Isinya semacam psikotest. Ada hubungan kata, deret angka dan hubungan bentuk. Saya kira disini tidak hanya di tes tentang kemampuan kognitif, tapi juga kekuatan mental kita, he-he. Bagaimana tidak, kita diberi 40 soal dengan waktu 25 menit saja!

b. Tes pedagodik – 25 menit – 15 soal
Berisi soal tentang isi RPP dan macam-macam model pembelajaran. Pelajari RPP Anda, mulai dari atas sampai bawah, apa saja komponen dan urutannya. Baca juga macam-macam model pembelajaran beserta sintaks-sintaksnya.

c. Tes Profesional – 60 menit – 50 soal
Berisi pertanyaan tentang mapel yang Anda ampu. Soalnya antara 50-70 (saya lupa-lupa ingat)

d. Tes bakat minat – 15 menit – 15 soal
Berisi pertanyaan normatif tentang keseharian Anda mengajar. Juga ada soal esai, 2 buah. Jawaban soal esai diketik langsung di tempat yang sudah disediakan. Waktu itu, soal yang saya dapat adalah menanyakan pendapat tentang gerakan literasi dan penanaman karakter (menyanyikan lagu Indonesia Raya di kelas). Jawab saja sampai kotak yang disediakan penuh.
Untuk latihan soalnya, Anda bisa browsing di internet dengan kata kunci tersebut. Semisal “tes potensi akademik”, atau “tes pedagogik” dst.

Buka juga cara mengerjakan pretest PPGJ 2018

3. Perhatikan waktu
Kendala yang banyak dialami peserta pre test adalah minimnya waktu untuk mengerjakan. Sehingga dari curhatan beberapa teman, mereka tidak selesai mengerjakan seluruh soal. Saya kira ini sangat merugikan. Perhatikan betul timer yang terpampang di kanan atas monitor Anda. Jangan berlama-lama di satu soal. Bila dirasa sulit, lewati dan kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu.

4. Persiapan yang baik
Hasil yang baik, bisa didapat sejak awal. Persiapkan diri semaksimal mungkin. Datanglah ke tempat tes minimal setengah jam sebelum ujian. Sempatkan berdoa agar diberi keyakinan diri. Jangan sampai mengikuti tes dalam kondisi lapar atau mengantuk.

5. Percaya diri
Ini yang tidak bisa dibeli. Kepercayaan Diri hanya bisa didapat dengan keteguhan hati bahwa sudah belajar dengan baik. Buang jauh-jauh niat untuk nyontek atau bertanya ke teman sebelah. Niatkanlah mengikuti tes untuk beribadah, cieeee. Ben barokah, kata mbah-mbah dulu.

Itu adalah sharing pengalaman saya mengikuti tes tempo hari. Memang tidak menjamin soalnya sama dengan yang saya deskripsikan. Tapi paling tidak bisa memberikan gambaran umum akan jalannya tes sepanjang 2 jam ini. Saya berharap semoga Anda bisa lolos pre test PPGJ. Amin. Disadur dari pelangiku.wordpress.com dengan sedikit mengubah.

Berikut beberapa artikel tentang PPGJ

  1. Kisi-kisi Soal Pretes PPGJ 2018
  2. Info Terbaru Jadwal dan Pelaksanaan PPGJ Tahun 2018
  3. Cara isi kuesioner dan cetak pengantar, jadwal Seleksi/pretes PPGJ
  4. Petunjuk cara mengerjakan soal pretes ppgj 2018
  5. Jadwal PPGJ 2018
  6. Cara Daftar calon Peserta PPGJ 2018
  7. Solusi jika tidak diundang di PPGJ 2018
  8. Tanya jawab seputar pendaftaran PPGJ 2018
  9. PLPG dihapus dan digantikan PPGJ 
  10. Linieritas/kesesuaian program studi PPGJ dengan Kualifikasi Akademik 
  11. Contoh Latihan Soal pretes PPGJ 2018 
  12. Jadwal pretes PPGJ 2018 
  13. Pengumuman hasil pretest ppgj 2017 2018
  14. Info Sergur 2018
  15. Persyaratan Peserta PPGJ 2018
  16.  Dokumen/Berkas administrasi yang harus dilengkapi calon peserta PPGJ 2018 
  17. Surat Edaran Hasil Pretes dan Verifikasi Berkas Calon Peserta PPGJ 2018 yang Dinyatakan Lulus
  18. Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian dalam PPGJ 2018
  19. Info penting pendaftaran PPGJ 2018
  20. Pendaftaran PPGJ tahap 2 untuk sergur 2018-2022
  21. Untuk apa pelaksanaan pretes PPGJ 2018?
  22. Pendaftaran PPGJ 2018-2022
  23. Jenis-jenis Pendidikan Profesi Guru
  24. Pendaftaran PPG Prajabatan 2018 Ditjen Dikti
  25. Pedoman pelaksanaan PPG Reguler/Prajabatan
  26. Perguruan Tinggi Penyelenggara PPG/PPGJ


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,