Back To Top

Nasib Kepala Sekolah Pasca Terbitnya Permendikbud No 6 tahun 2018

Selamat Datang Di Web Info Guru dan PNS

Peraturan terkait persyaratan, pengusulan,  proses seleksi, diklat kepsek, sertifikasi hingga pengangkatan hingga periode masa jabatan kepala sekolah telah sepenuhnya disahkan  dan diundangkan pertanggal 9 April 2018 lewat Permendikbud 6 tahun 2018 tentang penugasan guru menjadi kepala sekolah. Lewat Permendikbud tersebut juga diatur lembaga diklat kepala sekolah yakni LPPKS yaitu siangkatan dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah yakni unit pelaksana teknis di lingkungan Direktorat Jenderal yang menangani pendidik dan tenaga kependidikan.

Kembali pada judul tulisan ini mungkin ada yang bertanya bagaimana nasib kepala sekolah yang sedang menjabat setelah diberlakukannya  Permendikbud No 6 tahun 2018 tersebut. Dalam sebuah video di laman facebook resmi LPPKS (disini) dijelaskan mengenai hal tersebut. 

Yakni Kepala Sekolah yang menjabat saat diberlakukannya Permendikbud No 6 tahun 2018 tetap menjabat sebagai kepala Sekolah. Adapun Masa Tugas kepala sekolah yang sedang menjabat tersebut  mengikuti aturan masa tugas dalam Permendikbud No 6 tahun 2018 itu. 


Nasib Kepala Sekolah Pasca Terbitnya Permendikbud No 6 tahun 2018

Jadi jika ada kepala sekolah yang sudah menjabat selama 11 tahun, maka sisa jabatan adalah tinggal 1 tahun. (Jabatan maksimal kepala sekolah 12 tahun sesuai pasal 12 ayat 3).
Adapun Guru yang pernah ditugaskan sebagai Kepala Sekolah sebelum berlakunya Peraturan Menteri ini, masa penugasannya tidak dihitung sebagai masa penugasan berdasarkan Peraturan Menteri ini. (pasal 21d) . Contohnya guru yang pernah menjabat sebagai Kepsek selama 5 tahun sebelum Permendikbud 6 tahun 2018 terbit, maka jika diangkat sebagai Kepsek berhak mengikuti peraturan jabatan masa tugas maksimal selama 12 tahun tadi.


Sedangkan Kepala Sekolah yang sedang menjabat namun belum memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah maka wajib mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan penguatan Kepala Sekolah. Jika tidak lulus pelatihan selama 2 kali oleh LPPKS, maka diberhentikan dari jabatan Kepala Sekolah. (Pasal 21 e, 21f, dan 21g). 


Video penjelasan bisa dilihat di bawah ini.



Bagaimana nasib Kepala Sekolah yang telah menjabat pasca terbitnya Permendikbud No. 6 Tahun 2018?
Dikirim oleh LPPKS pada 7 Juni 2018

Nah demikian tadi sedikit penjelasan mengenai aturan masa tugas kepala sekolah pasca diberlakukannya   Permendikbud No 6 tahun 2018. Salinan  Permendikbud No 6 tahun 2018 silakan unduh di tautan ini 


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google Info Guru, Kabar CPNS, Tes CPNS, Lowongan Kerja,